Ghozali Dapat Duit Miliaran Rupiah dari Jual Foto Serlfienya di NFT, Begini Cara Pakai NFT – HotViral

oleh -4 views

Dipublikasikan pada 14 Januari 2022.
Bisa didengarkan.

JAKARTA – Ghozali tiba-tiba kini menjadi buah bibir warganet di Tanah air. Dia trending topik setelah berhasil menghasilkan miliaran rupiah dari NFT miliknya.

NFT tersebut berisikan swafoto (selfie) dirinya setiap hari selama lima tahun, antara 2017- 2021 yang dijual melalui marketplace NFT, yaitu OpenSea.

Lantas bagaimana cara menjual NFT di OpenSea sama seperti yang dilakukanGhozali? Non-Fungible Token atau NFT adalah salah satu produk blockchain alias anak kripto, yang mulai banyak diminati oleh masyarakat.

NFT sudah hadir sejak tahun 2014 dan peminatnya semakin banyak pada akhir tahun 2021. Sama halnya dengan mata uang fisik, NFT dapat digunakan untuk beli barang dan jasa dalam bentuk virtual.

Kini ada banyak orang yang memutuskan untuk membeli NFT harga murah dan kemudian menjualnya lagi dengan harga yang lebih tinggi. Lalu, bagaimana cara menjual NFT di OpenSea?

Saat ini terdapat berbagai macam marketplace yang digunakan untuk melakukan transaksi NFT seperti Rarible, Mintable, Nifty Gateway serta OpenSea yang digunakan Ghozali untuk menjual NFT miliknya.

Pada umumnya, transaksi jual beli NFT dilakukan dengan menggunakan mata uang kripto yakni ethereum (eth), namun dapat menggunakan token lainnya sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Melakukan transaksi NFT melalui platform OpenSea merupakan hal yang cukup mudah jika telah memiliki akun serta wallet yang telah terhubung. Pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan akun dan wallet yang terhubung dengan OpenSea.

Cara menjual NFT di OpenSea

1. Masuk ke laman OpenSea.io dan login ke akun yang sudah didaftarkan

2. Klik pada foto profil pada bagian kanan atas

3. Lalu pilih “Profile”

4. Pilih NFT yang ingin dijual dari wallet

5. Kemudian pilih “Sell” dan langsung diarahkan pada halaman penjualan

6. Pilih jenis dan harga jual

7. Pengguna dapat menetapkan harga tetap atau harga lelang. Jika menggunakan harga lelang, masukan harga awal, waktu kadaluarsa dan ambang harga. Sementar itu, durasi lelang ini berlangsung selama satu hari, tiga hari hingga satu minggu.

8. Setelah melakukan pengaturan pada penjualan NFT, lalu klik “Complete Listing”

9. Pada penjualan pertama, pengguna harus melakukan verifikasi wallet dengan melakukan dua kali transaksi. Ini bertujuan untuk menginisiasi akun penjualan serta memberikan akses item ke OpenSea saat penjualan sedang berlangsung

10. Setelah membayar fee, kemudian konfirmasi rincian penjualan dan post NFT yang akan dijual di OpenSea. Itulah cara menjual NFT di OpenSea melalui marketplace OpenSea yang dapat kamu lakukan dengan mudah.

Nah gampangkan. Salah satu keunggulan NFT yang dipertimbangkan peminatnya adalah tingkat keaslian. Konsep dari NFT memungkinkan pembelinya memiliki barang asli tanpa ada yang bisa meniru.

Selain itu, NFT juga menyertakan bukti kepemilikan dalam bentuk sertifikat. (rmol/zul)

Baca Juga:

  • Viral! Dua Sejoli Asyik Berciuman Mesra Sambil Kendarai Motor, Warganet: Jijay Alay.
  • Siapa Lebih Tajir, Anak-anak Jokowi atau Putra-putra SBY? Ini Daftar Kekayaan Lengkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.