Detik-detik Kapal LCT Rimba Raya Terbalik di Kutai Timur Viral, Camat Beberkan Kronologinya

oleh -0 views



TRIBUN-VIDEO.COM- Beredar video kapal pengangkut truk sawit mengalami laka yang ditengarai terjadi di Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur.

Detik-detik kapal bernama LCT Rimba Raya IX tersebut terekam oleh warga dan viral di media sosial.

Nampak kapal yang memuat truk tersebut, terbalik sesaat setelah bersandar di pinggir sungai sehingga sejumlah truk di dalamnya ikut tenggelam bersama kapal.

Camat Sangkulirang, Rahmad membenarkan bahwa peristiwa kapal terbalik tersebut terjadi di Kecamatan Snagkulirang.

“Iya, itu terjadi tadi pagi jam 10 an di Sungai Kelolokan, Desa Pelawan. Nama kapalnya Rimba Raya,” ujarnya saat dihubungi melalui selular, Minggu (9/1/2022).

Ia menjelaskan bahwa memang kapal tersebut rutin digunakan untuk mengangkut truk dari perusahaan sawit, sebab truk pengangkut sawit tidak boleh melewati jembatan.

Kapal tersebut memuat kurang lebih enam truk dalam sekali perjalanan dan diatur sedemikian rupa agar muatan kapal seimbang.

Kendati di hari kejadian, kapal LCT Rimba Raya tengah merapat ke pinggir sungai guna melakukan kegiatan bongkar muat.

Tetapi karena kesalahan teknis, truk yang seharusnya keluar dari kapal secara beriringan dalam satu waktu justru hanya sisi sebelah kiri yang terlebih dahulu keluar.

“Itukan posisinya kan dua-dua, nah jadi begitu yang kiri meluncur meninggalkan LCT, seharusnya diikuti dengan yang di sebelah kanan,” ucapnya pada tribunkaltim.co.

Namun pada saat kejadian, hanya satu truk di sebelah kiri yang keluar dari kapal sehingga menyebabkan kemiringan di tubuh kapal.

Selanjutnya kapal kehilangan keseimbangan dan terbalik dalam waktu yang begitu cepat, sehingga evakuasi terhadap truk lainnya di tubuh kapal tidak sempat dilakukan.

“Selanjutnya kapal pelan-pelan terbalik, seperti yang ada di video itu,” ujarnya.

Terkait penanganan, Rahmad mengungkap bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan Komandan Polairud di lokasi kejadian dan akan dilakukan evakuasi menggunakan alat berat.

Kendati membutuhkan waktu untuk mendatangkan alat berat, proses evakuasi akan dilakukan keesokan harinya oleh pihak perusahaan.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Video Kapal Terbalik di Sangkulirang Kutim Viral, Camat Beberkan Kronologinya,
Penulis: Syifaul Mirfaqo | Editor: Samir Paturusi

source YouTube

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *