This is your default message which you can use to announce a sale or discount.

Baru Pacaran, Netizen Ini Kebingungan Dimintain Pap Selfie Sambil Pegang KTP – HotViral

  • Bagikan
Ilustrasi KTP elektronik


Ilustrasi KTP elektronik

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pertanyaan seorang netizen tentang kirim foto selfie ke pacar di akun menfess menjadi perhatian. Pasalnya, sang pacar meminta foto yang tak biasa dilakukan orang pacaran.

Sekedar informasi, menfess istilah dalam Twitter yang artinya mention confess. Ini pesan yang ingin disampaikan kepada seseorang tanpa mengungkapkan identitas pengirim. Pengirim biasanya disebut dengan sender.

Pertanyaannya itu dibagikan di akun Twitter @Askrlfess pada Kamis 17 Juni 2021. Sender ini mengatakan dirinya baru saja berpacaran.

Di awal hubungannya ini, sang pacar sudah memintanya untuk foto ‘pap’ (post a picture) selfie sambil memegang foto KTP. Karena merasa aneh, ia pun bertanya ke netizen apakah hal tersebut normal atau tidak.

“Wajar nggak si aku baru pacaran tapi udah dimintain pap selfie sambil pegang KTP?,” tanya sang sender di Twitter.

Pertanyaan sender itu langsung ramai dijawab oleh netizen. Mereka memperingatkan sang sender untuk berhati-hati dalam mengirim foto KTP.

Foto KTP itu bisa digunakan orang lain untuk melakukan penipuan hingga pinjaman online yang nantinya akan merugikan sang sender.

“Mau daftar pengajuan kredit kah? jangan mau anjirt ntar tiba2 beberapa bulan kedepan, kamu diteror sama pihak debt colector ntah via telpon atau mungkin didatengin lgsg, dan nama kamu otw masuk BI checking. ya walaupun tetep bisa diurus, tp jangan deh,” komentar @20**th.

“Jgn deh, temenku kmrn gini ktanya mau buat tgs eh tahunya buat pinjaman online. Akhirnya temenku kena 11jt lbh,” kata @tt****xx.

“Itu mah mau pinjol online kali. Jangan pernah share sembarangan selfie sambil megang ktp, syarat pinjol itu gampang banget plis ati ati,” tulis @mac***ing.

“Bisa jadi datamu diambil buat pinjaman onlen. Entah dipake sama dia. Entah dijual ke orang lain. Ati ati. Jangan mau demi apapun,” cuit @mycom***tz0ne.

Selain komentar memperingatkan, ada juga netizen yang memberikan komentar kocak. Permintaan itu dinilai aneh seperti sedang melaukan pengajuan untuk kredit.

“Itu pacaran apa verifikasi akun shopee,” tulis @aloh***urax. Akun @gth***kr menuliskan, “Buset pacaran apa mau pengajuan kredit.” dan “Nderr km pacaran ap mau pinjol? hhhh. jangan mauuuuuu,” komentar @doo****urz.

Buat kalian yang mendapat pengalaman serupa memang harus hati-hati. Aksi mengirim foto selfie dengan menggunakan KTP sembarangan dapat berakhir merugikan. Identitas Kamu dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk penyalahgunaan identitas hingga keuntungan pribadi!





Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.